Home » Samsung » Kelebihan Dan Kekurangan OS Tizen Pada HP Samsung Seri Z

Kelebihan Dan Kekurangan OS Tizen Pada HP Samsung Seri Z

Friday, March 10th 2017. | Samsung, Smartphone

Kelebihan Dan Kekurangan Tizen ~ OS Tizen rasanya memang terdengar asing, dan sebenarnya apakah OS Tizen itu? Samakah dengan OS Android? Atau lebih bagus mana antara OS Tizen atau OS Android. Mari kita uraikan satu per satu, OS Tizen adalah Operating Sistem yang diperkenalkan oleh Samsung, dan diperkenalkan melalui Samsung Z2 yang selama ini dianggap merupakan smartphone Android.

Siapa yang tertarik dengan merk Samsung yang selama ini identik dengan Android-nya, apalagi Samsung Z2 dijual dengan harga terjangkau yaitu Rp 800 ribuan saja. Tapi apa mau dikata, banyak konsumen yang kecewa sebab rupanya, Samsung Z2 yang juga sudah support jaringan 4G LTE bukanlah smartphone Android melainkan Tizen.

Untuk mengenal lebih detail lagi mengenai OS Tizen yang diterapkan pada Samsung Z2, berikut ini akan kita pahami mengenai point-point kelebihan maupun kekurangannya.
a) Kelebihan OS Tizen
• Display mirip Android
Secara kasat mata, OS Tizen yang diterapkan pada Samsung Z2 sangat mirip dengan Samsung Galaxy yang notabene-nya menggunakan OS Android, kemiripan tersebut terlihat jelas ketika kita juga bisa menemukan home screen, notifikasi panel dan juga lock screen. Kemiripan ini akan memberikan kemudahan bagi usernya yang ingin menggunakan ponsel Samsung berbasis OS Tizen.
• Pengalaman browsing lebih mengesankan dengan HTML 5
Sudah menjadi suatu hal yang lumrah ketika kita melakukan browsing di satu laman web menemui adanya informasi yang berbentuk video, umumnya kita harus menggunakan plugin eksternal untuk bisa memutar video tersebut, namun jika kita menggunakan smartphone dengan OS Tizen maka hal ini tidak perlu lagi dilakukan, sebab secara otomatis kita bisa mendengar lagu maupun melakukan video streaming via internet tanpa harus memasang plugin, simple kan ?
• Fitur multi window sekelas smartphone branded
Jika anda pernah menggunakan smartphone LG tentu juga familiar dengan fitur Q Slide, fitur yang masih tergolong baru dan hanya diterapkan pada smartphone LG terbaru ini bisa anda nikmati pada ponsel pintar berbasis Tizen.
• OS Tizen lintas perangkat elektronik
OS Tizen tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat ponsel biasa menjadi ponsel pintar namun juga benda-benda elektronik lain, misalnya saja televisi yang kini lebih familiar dengan sebutan Smart TV.
• Basic gestures yang sama dengan Android
Saat ingin melihat foto agar ukurannya lebih besar kita sering menyentuh layar smartphone dengan mencubit lalu merentangkan kedua jari kita, cara ini rupanya juga memiliki efek yang sama ketika kita menggunakan smartphone ber-OS Tizen. Basic gestures lain yang bisa anda gunakan adalah flick, swipe, tap dan long tap yang nanti akan memberikan efek yang sama ketika kita melakukannya pada ponsel berbasis android, jadi sangat mudah untuk bisa menguasai OS Tizen ini.
• Kesempatan bagi pengembang aplikasi
Untuk meningkatkan minat para pengembang dalam menyediakan aplikasi di OS Tizen, Samsung dan juga Intel sudah menggelontorkan dana hingga 4 juta dollar sebagai hadiah bagi para pengembang yang menciptakan aplikasi bermanfaat pada OS Tizen.
b) Kekurangan OS Tizen
• Aplikasi minim
Bagi anda yang sudah terbiasa mendownload aplikasi gratis di Play Store untuk segala jenis kegiatan, maka saat menggunakan smartphone dengan OS Tizen hal ini masih mustahil, karena memang OS Tizen belum didukung dengan aplikasi-aplikasi yang saat ini booming, seperti Twitter yang ketika ingin mengaksesnya kita hanya akan diarahkan ke website Twitter, yang itu artinya bukan pada aplikasi seperti ketika kita menggunakan Twitter di OS Android. Kesannya memang kurang canggih dan tidak simpel.
• Bye-bye BBM dan Path
Hingga saat ini, OS Tizen yang terpasang pada Samsung Z2 belum bisa dipasangi dengan aplikasi fenomenal yaitu BlackBerry Messenger dan juga Path, padahal kedua aplikasi ini hukumnya wajib untuk terus hadir dalam satu perangkat smartphone, jadi bagi BBM mania sepertinya perlu mempertimbangkan lagi jika ingin membeli Samsung Z2.
Namun untuk tambahan informasi, Tizen masih mendukung untuk pemasangan beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Opera, Plant vs Zombie, Asphalt 8, Real Football dan juga Drag Racing.
Itulah dia point-point yang membahas tentang kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh OS Tizen, selamat bereksperimen dengan OS terbaru Samsung.