Spesifikasi Samsung Galaxy J3 Emerge Kamera 12 MP April 2017

Samsung Galaxy J3 2017 ~ Anda tentu sudah sangat familiar dengan brand Samsung yang selama ini memang bisa dianggap sebagai pioneer dalam hal penyediaan perangkat smartphone berbasis Android, bahkan jauh sebelum vendor-vendor lain bermunculan seperti saat ini.

Nama besar Samsung terus menggema bukan tidak ada alasan, sebab vendor asal Korea Selatan ini memang sangat rajin untuk menyediakan perangkat smartphone kebanggaannya di semua lini, termasuk juga pada topik pembahasan kita kali ini yaitu Samsung Galaxy J3 Emerge. Smartphone yang masih tergabung dalam keluarga Galaxy J Series ini tampil dengan kesan yang lebih berbeda dan tentu saja mengarah ke hal yang positif.

Sebagai kategori J Series, bisa dipastikan bahwa harga dari Samsung Galaxy J3 Emerge juga tidak akan terlalu mahal, disamping itu spesifikasinya juga masih tergolong kelas menengah. Tetapi kembali lagi pada desain body, dimana anda akan melihat perbedaan yang begitu jelas pada bagian cover smartphone tersebut. Berikut ini akan dibahas tidak hanya pada desain dari Samsung Galaxy J3 Emerge saja namun juga spesifikasinya secara lebih detail.

Spesifikasi Samsung Galaxy J3 Emerge

Layar Ukuran : 5.5 inch, 720 x 1280 pixels
Tipe : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Body Ukuran : 154.2 x 76 x 9.1 mm
Berat : 158.8gr
SIM : Yes
Protection : –
Hardware OS : Android OS, v6.0 (Marshmallow)
Chipset : –
CPU: Quad-core 1.2 GHz
GPU: –
Memory RAM : 2 GB
Memory Internal : 16 GB
Eksternal : microSD up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Kamera Depan : 5 MP
Belakang : 13 MP, autofocus, LED flash
Battery Removable Li-Po 3000 mAh battery
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Warna Black

Display Samsung Galaxy J3 Emerge

Samsung Galaxy J3 Emerge kabarnya akan dirilis pada bulan Januari tahun 2017 dengan membawa material non metal, yang itu artinya ada sisi positif yang dimiliki oleh smartphone ini yaitu baterai yang bisa dengan mudah untuk anda lepas maupun pasang.

Walaupun belum menggunakan material metal, kesan yang istimewa terlihat begitu jelas pada cover dari smartphone ini, karena secara nyata terlihat adanya kotak memanjang secara horisontal yang seolah menjadi bingkai dari komponen kamera dan juga LED Flash, pemilihan desain body ini memang sebenarnya tidak merubah kinerja dari smartphone tersebut, namun dari segi tampilan hal ini memang terlihat lebih fresh jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Series yang ada di kelas entry-level lainnya.

Kesan yang stylish juga tetap ditonjolkan pada tampilan Samsung Galaxy J3 Emerge yang mana di setiap sudutnya terkesan lebih melengkung, disamping itu pada bagian panel depan masih tetap dibekali dengan tombol home fisik yang hingga saat ini tetap dipertahankan oleh Samsung Galaxy Series di kelas mana pun.

Pada bagian display, Samsung Galaxy J3 Emerge memanfaatkan layar Capacitive Touchscreen dengan ukurannya adalah selebar 5 inchi yang mampu menghadirkan tampilan gambar HD Display. Sesuai dengan kelasnya, smartphone ini memang tidak terlalu memiliki keunggulan dari segi display, termasuk juga untuk kerapatan piksel yang dimilikinya yaitu sebesar 294 ppi. Dari angka-angka tersebut, bisa diprediksikan bahwa gambar yang ditampilkan pada smartphone ini memang belum memiliki warna yang terlalu cerah dan melimpah namun sudah sangat jelas untuk bisa menampilkan video maupun gambar dari galeri anda.

Layar berukuran 5 inchi saat ini memang sudah tergolong praktis dan tidak terlalu lebar, namun perlu diketahui bahwa layar dari smartphone ini juga belum mendapatkan fitur perlindungan apapun.

RAM Dan Hardware Samsung Galaxy J3 Emerge

Walaupun merupakan smartphone entry-level, Samsung Galaxy J3 Emerge sudah memanfaatkan sistem pengoperasian yang lumayan baru untuk saat ini yaitu Android Marshmallow. Dukungan kecanggihan pada smartphone ini tak lepas juga dari pengaruh hardware yang digunakan, mulai dari adanya chipset Qualcomm Snapdragon 430, CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 hingga Adreno 505 sebagai pengolah grafisnya.

Kapasitas RAM yang ditanamkan pada smartphone ini ialah 2 GB dengan memori storage sebesar 16 GB yang tentu saja masih bisa anda maksimalkan lagi kapasitas penyimpanannya dengan memasang memori eksternal di slot yang khusus untuk MicroSD dengan kapasitas maksimalnya adalah 256 GB.

Perangkat smartphone entry-level dari Samsung dengan RAM sebesar 2 GB merupakan kabar yang cukup bagus, mengingat selama ini Samsung memang tergolong pelit dalam hal pemberian kapasitas RAM yang lega. Meskipun 2 GB belum begitu maksimal, namun setidaknya sudah mendukung untuk berbagai macam penggunaan aplikasi, ditambah lagi dengan dukungan dari penggunaan OS versi 6 yang saat ini masih banyak disupport oleh aplikasi-aplikasi terbaru, baik yang bersifat produktif maupun entertainment.

Samsung Galaxy J3 Emerge 2017

Kamera Samsung Galaxy J3 Emerge

Samsung Galaxy J3 Emerge memanfaatkan kamera dengan resolusi 5 MP pada bagian kamera utamanya, sedangkan untuk kamera kedua menggunakan resolusi 2 MP saja. Berbeda dengan Samsung Galaxy J Series lainnya yang juga menyematkan adanya lampu LED pada bagian kamera kedua, maka untuk versi ini tidak disediakan fitur lighting tersebut. Karena pemasangan LED Flash hanya pada bagian kamera utamanya saja.

Walaupun hanya memiliki resolusi sebesar 5 MP, pada bagian kamera utama ini juga telah didukung dengan fitur-fitur tambahan seperti HDR, face detection, touch focus dan juga Geo-tagging. Sementara untuk kamera kedua memang belum didukung dengan fitur apapun.

Konektifitas Dan Baterai Samsung Galaxy J3 Emerge

Samsung Galaxy J3 Emerge nampaknya menghapus fitur konektifitas dual sim sehingga anda hanya bisa memasang satu sim card saja di dalam smartphone ini dalam ukuran Micro-Sim. Sebenarnya ini memang kurang begitu fleksibel mengingat saat ini hampir semua pengguna gadget sudah memilih untuk menggunakan smartphone dengan fitur dual sim, bahkan banyak sekali smartphone flagship yang juga menerapkan fitur tersebut.

Namun demikian, anda masih akan cukup terhibur dan bangga dengan smartphone single sim ini karena sudah mampu menjangkau jaringan internet 4G LTE, yang tentu saja juga tetap bisa menjangkau jaringn HSDPA dan juga GSM. Sebagai smartphone entry-level tidak mengherankan jika Samsung Galaxy J3 Emerge ini menggunakan teknologi LTE Cat4 yang memang tergolong paling standar. Dukungan fitur sambungan yang ada pada smartphone ini yang juga bisa anda temukan adalah Wi-Fi, Hotspot, GPS dan juga MicroUSB versi 2.0.

Jika dilihat dari sudut pandang pada point ini tentu saja semakin menguatkan kesan bahwa Samsung Galaxy J3 Emerge memang tidak dibekali dengan fitur-fitur yang terlalu lengkap. Termasuk juga pada bagian sensor yang hanya menggunakan dua sensor saja yaitu Accelerometer dan juga Proximity, yang itu artinya smartphone ini belum didukung dengan sensor sidik jari.

Adapun untuk sumber tenaga yang ada pada Samsung Galaxy J3 Emerge ini adalah Li-Ion dengan kapasitas 2600 mAh yang masih tergolong ideal dan nampaknya mampu untuk mentenagai smartphone ini selama satu hari penuh.
Sistem pengisian dari baterai yang terpasang pada smartphone ini juga masih konvensional karena belum dilengkapi dengan fitur fast baterai charging.

Warna Dan Harga Samsung Galaxy J3 Emerge

Hingga saat ini memang belum pasti berapakah harga dari satu unit Samsung Galaxy J3 Emerge, namun jika dilihat dari spesifikasinya maka smartphone ini akan dijual di range harga Rp 2.2 juta hingga Rp 2.5 juta. Adapun untuk varian warna yang disediakan hanya ada satu jenis saja yaitu Grey.